5 Bahaya Akibat Penggunaan Earphone


Saat ini teknologi memang semakin berkembang dan memberikan banyak kenyamanan bagi manusia. Namun terkadang, teknologi juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Salah satunya adalah penggunaan earphone atau headphone yang terlalu sering.

Teknologi earphone tentunya sudah digunakan oleh banyak orang saat ini. Earphone membantu orang mendengarkan musik di manapun mereka mau. Jika Anda termasuk yang suka menggunakan earphone, sebaiknya waspadai beberapa masalah kesehatan yang bisa ditimbulkannya, seperti dilansir oleh Health Site (22/01) berikut ini :

1.Kehilangan Pendengaran

Ketika menggunakan earphone, suara yang keluar akan langsung mengenai gendang telinga. Suara ini seharusnya tidak melebihi 90 desibel. Volume suara di atas batasan tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada pendengaran.
Idealnya seseorang tidak menggunakan earphone lebih dari 15 menit. Menggunakannya terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan gendang telinga dan lebih parah lagi adalah kehilangan pendengaran. Jika Anda sering menggunakan earphone, sebaiknya lepas setiap 15 menit sekali dan istirahatkan telinga Anda.

2.Infeksi Telinga

Apakah Anda suka menggunakan earphone secara bergantian dengan pasangan, keluarga, atau teman? Jika iya, hentikan kebiasaan itu sekarang. Berbagi penggunaan earphone tidak higienis dan tidak menyehatkan.

Ada kemungkinan yang sangat tinggi Anda akan mengalami infeksi jika sering bergantian earphone dengan orang lain. Ini karena bakteri pada telinga mereka akan berpindah ke telinga Anda dan menyebabkan infeksi.

3.Penyumbatan Saluran Udara

Ada banyak perusahaan yang memproduksi earphone dengan desain sebaik mungkin hingga tak memungkinkan suara keluar dari telinga. Ini akan terasa menyenangkan dan canggih bagi pengguna, namun juga bisa berbahaya untuk kesehatan.

Penggunaan earphone yang terlalu kecil dan menutupi telinga sepenuhnya akan menyumbat jalannya udara ke telinga. Ini bisa menyebabkan infeksi telinga, menumpuknya kotoran telinga, hingga akhirnya menyebabkan Anda kehilangan pendengaran.

4.Sakit Telinga

Penelitian mengungkap bahwa orang yang sering menggunakan earphone dan headphone cenderung lebih sering mengalami rasa sakit pada telinga mereka. Mereka juga lebih sering memeriksakan diri ke dokter karena masalah pada telinga.

Selain itu, tak hanya sakit p[ada telinga, terlalu sering menggunakan earphone juga menyebabkan beberapa masalah seperti sering mendengar suara aneh pada telinga, mengalami mati rasa pada telinga, dan lainnya.

5.Efek Pada Otak

Earphone dan headphone memproduksi gelombang elektromagnetik yang bisa berbahaya untuk otak manusia. Meski belum ada penelitian yang bisa membuktikan efek pasti dari earphone dan headphone pada otak, namun penelitian telah mengungkap bahwa orang yang terlalu sering menggunakan earphone dan headphone lebih rentan terkena masalah dengan otak mereka.

Itulah mungkin beberapa efek dari terlalu sering menggunakan earphone.Untuk itu bagi anda yang sering menggunakan earphone diharapkan untuk mengurangi aktivitas dengan menggunmakan earphone.Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.


Sumber : Merdeka.com


Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Cari Blog Ini

Popular Posts



Diberdayakan oleh Blogger.