12 Tips Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi


Kolestrol merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena banyaknya kandungan minyak yang di makan dan banyaknya lemak yang terkandung di dalam darah. Kebanyakan orang pada saat terkena kolestrol mereka merasa tidak nyaman dan sering mengalami tegang karena disebabkan adanya kandungan minyak dan lemak dalam makanan tersebut.

Sebenarnya kolesterol sangat berperan bagi kesehatan terutama untuk membantu proses pembentukan dinding sel dan bermanfaat sebagai salah satu bahan baku pembentukan hormon pada tubuh. Namun,  apabila kadar kolesterol dalam darah sudah melebihi kebutuhan, dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit seperti : stroke dan jantung koroner.

Kolesterol dapat dikategorikan normal apabila adalah kadar kolesterol kurang dari 200 mg/dl. Sedangkan jumlah kolesterol sudah di atas 240 mg/dl, maka kemungkinan dapat berisiko terserang penyakit yang disebabkan karena kolesterol. Berikut ini cara menurunkan kolesterol.

Berikut Adalah Ke 12 Cara Tersebut :


   > Olahraga Rutin
    Olahraga merupakan cara menurunkan kolesterol yang baik dan serta dapat menjaga kesehatan jantung. Kolesterol dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, trigliserida. Berolahraga rutin minimal 30 menit setiap hari dan dapat membantu membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

    > Berjalan-Jalan Secara Rutin
    Apabila tidak terbiasa dengan berolahraga secara rutin, Anda dapat menggantinya dengan berjalan-jalan. Berjalan-jalan merupakan cara yang sangat mudah, menyehatkan, dan hemat karena hanya membutuhkan sepasang sepatu. Latihan aerobik setiap pagi dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang pada akhirnya dapat tercegah dari berbagai penyakit berbahaya dan dapat menyehatkan tubuh, misalnya seperti : stroke, penyakit jantung, menurunkan berat badan, menjaga tulang tetap kuat.

    > Kurangi Asupan Karbohidrat
    Mengurangi asupan karbohidrat dan serta mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki banyak kandungan lemaknya merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol.

    > Mengkonsumsi Lemak Tak Jenuh
    Tubuh hanya membutuhkan sedikit lemak dalam pola makan sehari-hari, sekitar 25% sampai dengan 35% dari asupan kalori setiap harinya. Jenis lemak yang diperlukan oleh tubuh adalah lemak tak jenuh, yang dapat ditemukan di kanola, zaitun, dan minyak safflower, dan sebagainya. Lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol kolesterol baik atau HDL. Sedangkan pula lemak jenuh dapat ditemukan dalam mentega dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan kolesterol jahat atau LDL. Walaupun begitu, lemak mengandung kalori dan lebih baik makan secukupnya saja.

     > Berhenti Merokok
    Apabila Anda menderita tekanan darah atau memiliki trigliserida yang tinggi, menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dapat menjadi cara yang terbaik untuk Anda lakukan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tembakau berdampak buruk untuk kesehatan, sebab tembakau dapat meningkatkan tekanan darah serta detak jantung.

    > Sering Meminum Teh Hijau
    Kandungan Theanine yang terdapat dalam teh hijau dapat meningkatkan kolesterol baik. Mengkonsumsi 4 cangkir teh hijau setiap hari dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah.

    > Mengkonsumsi Buah Sitrus
    Buah sitrus, seperti lemon, jeruk manis, jeruk nipis, dan jenis buah-buahan lainnya yang banyak mengandung zat pectin. Zat pectin merupakan jenis serat yang bagus untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Buah-buahan sitrus kaya akan kandungan anti-oksidan yang dapat memperkuat dinding arteri.

    > Makan Tomat
    Dengan cukup mengkonsumsi 2 gelas jus tomat setiap harinya, hal ini dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

    > Hindari Stres
    Stres dapat meningkatkan tekanan darah semakin tinggi sehingga menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak kolesterol menumpuk di dalam pembuluh arteri. Dalam suatu penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang, stres mungkin dapat langsung meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan bahkan dapat meningkat secara drastis. Untuk mengurangi stres yang sedang di alami, Anda dapat membaca artikel sebelumnya mengenai cara menghilangkan stres.

    >Memakan Alpukat
    Alpukat merupakan salah satu buah yang merupakan cara menurunkan kolesterol. Buah yang berbentuk bulat lonjong dan bewarna hijau tersebut merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ini dikarenakan, ada 2 jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat atau yang lebih dikenal LDL dan kolesterol baik dengan nama HDL.

    > Memakan Kedelai
    Mengkonsumsi kedelai atau produk-produk yang berbahan dasar kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi kedelai setiap hari dikenal dapat mengurangi kolesterol serta dapat mengontrol tekanan darah tinggi.

    > Kontrol Gula Darah
    Gula darah yang tidak terkontrol secara baik, dapat menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung.

Itulah 12 tips cara menurunkan kolesterol tinggi yang dapat Anda lakukan. Perbanyak melakukan olahraga, mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, lemon, alpukat, dan lain sebagainya untuk dapat memaksimalkan menurunkan kolesterol.Semoga tips yang saya postingan kali ini bermanfaat bagi kita semua.


Artikel terkait ;

0 komentar:

Cari Blog Ini

Popular Posts

Google+ Followers

Diberdayakan oleh Blogger.