Kandungan Manfaat Buah Ciplukan ( Cecendet )


Kandungan manfat buah ciplukan ( cecendet ) Mungkin bagi kita tanaman yang satu ini pasti sangat tidak asing lagi dalam telinga kita, bahkan hampir dimana-mana terdapat tanaman jenis ini . Itulah cecendet bentuk buahnya bulat dn tidak menarik karena tumbuh diantara segumpalan rumput liar .Namun jangan salah ternyata tanaman yang satu ini mempunyai manfaat yang yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.Anda tidak percaya ? saya juga awal nya kurang percaya ,namun setelah browsing-browsing lewat internet ternyata khasiatnya sangat luar biasa sekali
 
Ciplukan/cecendet, sesuai dengan bentuknya yang memang mirip-mirip dengan buah-buah untuk lalapan seperti Labu Siam, dan Terung, termasuk dalam famili tumbuhan Solanaceae (terung-terungan). Tapi meski nama tumbuhan ini berbau bahasa Nusantara, boleh percaya atau tidak, ia berasal dari kawasan tropis Amerika Latin.

Namun, walaupun digolongkan sebagai terung-terungan, dia memiliki kandungan kimiawi seperti chlorogenik acid, asam sitrun dan fisalin. Selain itu, buahnya juga mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, juga elaidic acid.Kandungan kimiawi tersebut, seperti obat-obatan modern, telah diuji melalui proses laboratorium dan diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sesuai dengan sifatnya: analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoksifikasi), serta meredakan batuk. Dalam farmakologi Cina, tumbuhan ini diyakini memiliki rasa pahit dan sifat menyejukkan.

Khasiat Ciplukan ( Cecendet )


Ciplukan dalam bahasa latinya dikenal (Physalis angula).
Menurut Irhamtaro (2012) ada beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan ramuan ceplukan antara lain:
  • Hipertensi. Sediakan 5 gram brankas (herba kering) ceplukan dan masukan kedalam air 110 ml. Rebus campuran tersebut selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk selanjutnya saring dan biarkan sampai dingin. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 100 ml. Sebagai perhatian, air rebusan yang sudah disimpan lebih dari 24 jam tidak boleh diminum karena sudah rusak;
  • Kencing Manis. Untuk mengobati kencing manis, sediakan 10 gram brankas ciplukan dan air 400 ml. Cara pembuatan ramuan dan aturan pemakaiannya sama dengan untuk mengobati hipertensi;
  • Bisul. Untuk mengobati bisul, sediakan 1 genggam daun ciplukan, 1 sendok teh adas pulasari, 1 lembar daun sirih, dan sedikit garam. Campurkan semua bahan tersebut dan diremas-remas hingga menjadi lembut. Oleskan sekitar bisul. Bisul akan cepat pecah dan cepat kering; Borok. Ambil 1 genggam daun ciplukan dan tambahkan 2 sdt air kapur sirih. Tumbuk sampai halus, lalu tempelkan ke bagian yang sakit;
  • Gusi Berdarah. Karena kaya vitamin C, buah ciplukan bisa digunakan untuk menyembuhkan gusi berdarah, caranya, makanlah 30 buah ciplukan segar setiap hari.
  • Ayan / epilepsi. Buah Ciplukan 8 – 10 butir dimakan setiap hari.
  • Sakit paru-paru. Sama dengan nomor satu. Saat merebus, gunakan 3-5 gelas air,Setelah mendidih, dinginkan dan saring, minum airnya 3 kali sehari.
  • Influenza dan Sakit Tenggorokan.Tumbuhan Ciplukan (semua bagian) yang sudah dipotong-potong seukuran 3-4 cm dijemur, lalu dibungkus agar tidak lembab lagi. Kemudian ambil kira-kira sebanyak 9-15 gram direbus, airnya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari, atau sesuai kebutuhan dan atau petunjuk resep.Resep nomor satu bisa juga diberlakukan terhadap beberapa penyakit, seperti: batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang saluran napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis).
Namun sangat disayangkan sekali karena mungkin belum tahu akan manfaat dari tanaman ini maka sering kali kita menebangnya dan membakarnya atau bahkan dijadikan pakan hewan,padahal kandungan khasiat didalam nya sangat lah luar biasa apabila kita konsumsi.

Nah maka dari itu sahabat tips kesehatan apabila kita menemukan atau bahkan mempunyai tanaman jenis ini sebaiknya tidak langsung dibuang tetapi kita manfaatkn sebagai obat untuk kesehatan kita yang muarah meriah namun mempunayi kandungan khasiat yang tinggi.


Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Cari Blog Ini

Popular Posts

Google+ Followers

Diberdayakan oleh Blogger.